http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/tail2.gif TEMPLATE ERROR: Error during evaluation of breadcrumb Efi fanvery XII ips: TRIK MENAMBAH TENAGA MOTO VARIO _ RONI SUNARYA

Share It

Sunday, October 7, 2012

TRIK MENAMBAH TENAGA MOTO VARIO _ RONI SUNARYA

Cara Paling Mudah Membuat Tarikan Motor Matic Menjadi Panjang

Sebagai seorang bikers yang mempunyai tunggangan masing masing selalu saja merasa kurang puas terhadap performa motornya, khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan Matic. Banyak cara yang dilakukan untuk merubah performa kendaraan mulai daeri segi penampilan luar dengan mengganti striping standar ke dalam striping variasi atau thailand, hingga dari tampilan dalam mesin, atau istilah gaul nya "mengorek mesin". Untuk motor matic hal yang paling penting diperhatikan adalah bagian v-belt dan bagian roller. Dalam hal ini untuk para bikers yang ingin meningkatkan performa dari motor matic anda diantaranya anda dapat merubah bagian Roller, sebelum kita membahas lebih dalam, mungkin diantara bikers ada yang belum mengetahui fungsi dari Roller tersebut.

Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.



Prinsip kerja Roller pada dasarnya sebetulnya mirip sekali dengan Gear set, pada motor yang memiliki system penggerak rantai. Karena skutik menggunakan V-belt didalam menggerakan roda dengan melalui perputaran Kruk as roda yang sebelumnya diputar oler V-belt. 
Cara Meningkatkan Performa, Akselarasi dan top speed
Untuk para bikers yang ingin matic nya menjadi kencang atau nyaman berkendara si sesuai medan, langkah berikut ini semoga dapat membantu memecahkan solusi anda. Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel dari variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam hal ini sebuah motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam meng-”utak-atik” roller, Anda hanya akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu : “Aselerasi” atau “Top Speed”.
Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan, kondisi yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan Anda sebaiknya adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik bila Roller memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi aselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.
Namun jikaAnda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top Speed lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas, Top speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan yang lebih berat dari berat standard, misalnya dengan Roller 14 Gram. Biasanya performa seperti ini banyak diterapkan oleh kendaraan matic Yamaha Mio dan Honda Beat maupun Vario.
Cara Membeersihkan Roller 
Semakin sering motor dipakai makai akan semakin kotor bagian dalam mesin, begitupun dengan Roller. Kebanyakan dari Roller yang lama belum diganti akan menjadi terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan Roller secara berkala juga sangat diperlukan, dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.
Bentuk Roller yang sudah tidak bulat



Untuk Roller yang sudah memiliki bentuk tidak bundar presisi lagi,sebaiknya harus diganti dengan yang baru, karena jika tida diganti kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap kinerja V-belt dan bagian bagian yang mendukung berputarnya roda.

No comments:

Post a Comment